Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

Untuk mengantisipasi penyebaran virus semakin meluas, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menerapkan social distancing. Sekolah dan tempat hiburan pun sudah banyak yang tutup untuk sementara waktu. Bahkan beberapa perusahaan juga meminta para pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau sering disebut dengan WFH (Work from home). Berikut beberapa tips yang dapat Zizaralova coba di rumah agar tetap produktif saat WFH.

1.     Ciptakan Ruang Kerja Sendiri

Agar terhindar dari malas-malasan, lebih baik jangan bekerja di kasur. Cobalah buat space khusus yang memang ditujukan untuk work from home. Pastikan space tersebut nyaman untuk ditempati dan bisa bantu kamu fokus bekerja di depan laptop. Misal, siapkan meja yang khusus dipakai untuk bekerja. Lengkapi meja tersebut dengan barang-barang yang kamu perlukan selama work from home agar mudah diraih (tidak harus kesana kemari ambil barang), seperti alat tulis, tissue, hand cream, hand sanitizer, suplemen harian, dan lain-lain.

2.     Tentukan Jam Kerja

Jika kamu berada di kantor, sangat mudah untuk membuatmu fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Karena, suasana begitu mendukung untukmu bekerja secara serius dan fokus.

Namun, kamu bisa memulai untuk membuat jadwal sehingga kamu memiliki pengaturan waktu bekerja. Misalnya, dengan menyamakan jadwalmu di kantor dengan di rumah. Jika kamu biasanya mulai bekerja pukul 08.00 pagi, bekerjalah di rumah pada jam yang sama, dan terapkan juga manajamen waktu di rumah seperti di kantor.

3.     Bekerja dengan Pakaian Nyaman

Lebih baik jangan pakai piyama atau baju tidur selama bekerja dari rumah. Mengapa? Karena baju tidur ternyata berpengaruh pada produktivitasmu, lho. Bekerja pakai baju tidur tidak merangsang otak untuk bekerja. When in working mode, sebaiknya pakailah pakaian yang nyaman untuk bekerja.

4.     Manfaatkan Waktu untuk Olahraga Ringan

Waktu yang biasa kamu habiskan untuk perjalanan dari rumah ke kantor sekarang bisa kita manfaatkan untuk hal lain, olahraga ringan misalnya. Lakukan jogging atau jalan di sekitar rumah (tapi ingat social distancing, ya!) agar tubuh tetap sehat dan bugar, bekerja dari rumah pun jadi lebih produktif.

Referensi : https://www.indozone.id/life/

Ilustrasi Kerja dari Rumah (Foto: DarkWorkX/Pixabay)