Tips menjaga dan merawat baju dengan benar

Pakaian merupakan salah satu cerminan dari diri kita karena setiap hari kita menggunakan pakaian yang sesuai dengan karakter pribadi kita. Ada yang bilang penampilan dapat merubah kepribadian kita, misalkan apabila kita berpakaiannya rapih, sopan, dengan padu padan warna yang menarik pasti kepribadian kita pun akan keluar dengan hal yang positif. Admin akan share beberapa tips menjaga dan merawat baju agar tetap terlihat seperti baru :

  1. MENCUCI

Proses awal dalam merawat pakaian adalah tahap pencucian yang dimana kita sebagai pemilik pakaian harus cerdas dalam melihat jenis-jenis pakaian, karena semua pakaian itu pasti berbeda jenis, merk dan juga warna nya. Begitu juga cara mencucinya apabila Untuk pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, Anda bisa menggabungkannya dalam satu kali pencucian agar warnanya tidak luntur, dan begitu juga dengan warna putih khusus sendiri bagiannya tidak boleh di campur dengan warna lain lalu rendam dengan air panas selama 15 menit terlebih dahulu sebelum dikasih deterjen baju agar noda-nodanya hilang. Apabila anda sering merendam pakaian kotor sebelum dicuci, jangan rendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak. Dan jangan merendam bahan wool, spandex, sutra atau bahan sejenis bisa merusak jenis kain tersebut. Jangan gunakan pemutih pada pakaian berwarna, bisa mengakibatkan luntur dan rusaknya warna pakaian tersebut.

  1. MENJEMUR

Dan tahap penjemerun carilah tempat yang tidak terlalu panas dan juga jangan terlalu lama dibawah sinar matahari karena akan membuat warna jadi pudar. Menjemur pakaian sebaiknya menggunakan hanger, supaya bentuknya tetap bagus. Kecuali pakaian dari bahan kaus, menggunakan hanger bisa menyebabkan melar di bagian leher. Jemur pakaian dalam keadaan terbalik, bagian dalam yang di luar. Hal ini untuk mencegah warna pakaian menjadi cepat pudar terkena sinar matahari

  1. MENYETERIKA BAJU

Sebelum menyetrika baju kita siapkan dahulu pelicin pewangi baju dan juga pastinya baju yang akan kita seterika. Apabila ada kancing dalam pakaian sebaiknya satukan terlebih dahulu. Kemudian bagian kerah juga di rapikan terlebih dahulu, setelah itu baju siap untuk di setrika. Dan pakaian yang hendak disetrika harus benar-benar dalam kondisi kering, supaya tidak bau apek, lalu atur suhu panas setrika sesuai bahan pakaian sehingga tidak menyebabkan pakaian anda menjadi rusak.

  1. MENYIMPAN BAJU

Sebelum menyimpan pakaian pada lemari pakaian sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu tingkat kekeringan pakaian tersebut. Pastikan telah kering benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Dan Baju anda bisa digantung di hanger agar baju rapi tanpa bekas lipatan. Untuk celana bisa digantung dan bisa juga dilipat untuk menghemat ruangan penyimpanan pakaian, lalu jangan menyimpan pakaian di tempat yang penuh sesak agar mudah diambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian menjadi kusut tidak rapi. Gunakan pewangi pakaian yang bisa digantung di dalam lemari atau gunakan kamper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *