Rumah Sehat

Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia. Secara umum, rumah diartikan sebagai bangunan untuk tempat tinggal. Dan rumah juga merupakan tiga dimensi yang terdiri atas beberapa ruang dan memiliki banyak fungsi dan juga manfaat yang berbeda-beda. Begitu halnya dengan pembahasan kita yaitu Rumah Sehat, Rumah sehat merupakan tempat tinggal yang siap huni dengan kondisi isi rumah maupun bentuk rumah yang sehat bagi keluarga. Rumah sehat tidak harus besar dan mewah, tetapi harus memenuhi syarat kesehatan, sehingga para penghuninya dapat beraktivitas dengan nyaman. Menurut Winslow, rumah sehat memiliki beberapa kriteria, yakni dapat memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis; serta dapat menghindarkan terjadinya kecelakaan dan penularan penyakit.

Ada yang perlu diperhatikan dalam membuat Rumah Sehat, yaitu :

VENTILASI UDARA

Dalam membuat rumah, ventilasi udara sangatlah penting agar sirkulasi udara lancar dan udara menjadi segar. Ventilasi udara bagi kesehatan penghuni rumah sangatlah berpengaruh karna dengan menentukan ventilasi udara yang baik kita dapat terhindar dari kelembapan rumah yang mengakibatkan banyak penyakit yang timbul dan akan mempengaruhi penghuni rumah.

PENCAHAYAAN

Menentukan tata letak pencahayaan janganlah sembarangan dalam membuat Rumah Sehat tata letak pencahayaan janganlah terlalu kurang dan juga tidak terlalu banyak. Karena kurangnya cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah, terutama cahaya matahari disamping kurang nyaman, juga merupakan media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit-bibit penyakit. Dan sebaliknya terlalu banyak cahaya di dalam rumah akan menyebabkan silau dan akhirnya dapat merusakkan mata.

LANTAI

Untuk jenis lantai yang digunakan untuk membuat rumah saat ini sudah banyak jenisnya seperti ubin, keramik bahkan sampai tanah yang di padatkan saja. Tapi untuk Rumah sehat lantai yang dibutuhkan semua jenis bisa digunakan yang terpenting tidak cepat berdebu, tidak licin dan tidak becek disaat hujan.

ATAP

Dalam pembuatan Rumah sehat dibagian atap dapat menggunakan genteng dari tanah liat karna banyak manfaatnya yaitu dapat meresap panasnya matahari dan juga biayanya yang terjangkau dengan kalangan bawah pun bisa membuat rumah sehat. Dan sebaliknya harus hindari atap dengan menggunakan asbes karna dapat membuat rumah menjadi tambah panas.

AIR BERSIH

Air merupakan sumber kehidupan manusia, apalagi air bersih sangat berperan penting di kehidupan kita sehari-hari. Sebelum membuat rumah harus tahu dahulu sumber air bersih kita karna percuma saja membuat rumah dengan model yang bagus tetapi air bersihnya kurang akan mengakibatkan fatal bagi penghuni rumah. Jadi, sebelum membuat rumah carilah sumber air bersih yang jernih, tidak kurang dan juga tidak bau. Gunakanlah air bersih secukupnya yakni minimal 60 liter/hari untuk per orang yaitu untuk mandi, minum dll nya.

Ada banyak manfaat yang perlu kita ketahui dengan memiliki rumah sehat, yaitu :

  1. Penghuni rumah menjadi keluarga yang sehat

Kondisi lingkungan sangat berpengaruh untuk membentuk karaktek manusia begitu halnya dengan lingkungan rumah yang sehat sangat mempengaruhi penghuni rumah menjadi sehat dan juga harmonis.

  1. Terhindar dari bibit penyakit

Tinggal dirumah sehat penghuni rumah dapat menjaga kondisi keluarga dari berbagai bibit penyakit dengan pencahayaan, tata ruang, tempat dan juga suasana yang bersih akan membuat penghuni rumah menjadi nyaman.

  1. Terhindar dari binatang – binatang
  2. Lingkungan sosial
  3. Keluarga harmonis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *