Abdurrahman bin Auf Selalu Gagal Jadi Orang Miskin

Zizaralova, kenalkah pada Abdurrahman bin ‘Auf? Salah satu dari sepuluh sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga.

Beliau terkenal karena kekayaannya yang luar biasa.Yuk kita selalu bermuhasabah diri dengan mengingat kisah Abdurrahman bin Auf, tentang kisahnya yang membeli kurma busuk.

Suatu ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata, Abdurrahman bin Auf akan masuk surga terakhir karena terlalu kaya. Ini karena orang yang paling kaya akan dihisab paling lama. Maka mendengar ini, Abdul Rahman bin Auf pun berfikir keras, bagaimana agar bisa kembali menjadi miskin supaya dapat masuk surga lebih awal.

Setelah Perang Tabuk, kurma di Madinah yang ditinggalkan sahabat menjadi busuk. Lalu harganya jatuh. Abdurrahman bin Auf pun menjual semua hartanya, kemudian memborong semua kurma busuk milik sahabat tadi dengan harga kurma bagus.

Semuanya bersyukur, kurma yang dikhawatirkan tidak laku tiba-tiba laku keras diborong semuanya oleh Abdurrahman bin Auf. Semua sahabat gembira dan Abdurrahman bin Auf pun juga gembira.

Abdurrahman bin Auf merasa sangat lega, sebab tahu akan masuk surga dulu, sebab sudah miskin. Tiba-tiba, datang utusan dari Yaman membawa berita, Raja Yaman mencari kurma busuk. Rupa-rupanya, di Yaman sedang berjangkit wabah penyakit menular, dan obat yang cocok adalah kurma busuk. Utusan Raja Yaman berniat memborong semua kurma Abdurrahman bin Auf dengan harga 10 kali lipat dari harga kurma biasa.

Dari kisah di atas membuat kita harus yakin bahwa rezeki itu dari Allah. Dan semoga kita dipermudah untuk meneladaninya.

Kisah selengkapnya dapat dibaca di islamidia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *